Apa yang dimaksud dengan Clear Desk dan Clear Screen?
Clear desk dan clear screen mengacu pada praktik yang terkait dengan memastikan bahwa informasi sensitif, baik dalam format digital maupun fisik, dan aset (misalnya notebook, ponsel, tablet, sistem informasi, dll.) tidak dibiarkan tanpa perlindungan di ruang kerja pribadi dan publik saat mereka tidak digunakan, atau ketika seseorang meninggalkan tempat kerjanya, baik untuk waktu yang singkat atau di penghujung hari.
.
Best practice Clear Desk dan Clear Screen menurut ISO 27001 yang bisa di implementasikan di tempat kerja adalah :
Clear desk dan clear screen mengacu pada praktik yang terkait dengan memastikan bahwa informasi sensitif, baik dalam format digital maupun fisik, dan aset (misalnya notebook, ponsel, tablet, sistem informasi, dll.) tidak dibiarkan tanpa perlindungan di ruang kerja pribadi dan publik saat mereka tidak digunakan, atau ketika seseorang meninggalkan tempat kerjanya, baik untuk waktu yang singkat atau di penghujung hari.
.
Best practice Clear Desk dan Clear Screen menurut ISO 27001 yang bisa di implementasikan di tempat kerja adalah :
- Bersihkan meja dari segala informasi yang berkaitan dengan pekerjaan ketika telah selesai bekerja dan simpan dokumen kedalam laci atau lemari arsip yang dapat dikunci agar terhindar dari pencurian informasi.
- Apabila akan meninggalkan meja kerja untuk sementara, pastikan layar pada PC/Laptop dalam mode lock screen agar isi dari layar komputer dan informasi di dalamnya terlindungi dari kemungkinan dilihat dan diketahui oleh orang lain serta jangan lupa untuk mematikan PC/Laptop jika telah selesai bekerja.
- Batasi penggunaan akses ke printer scanner network di area kerja untuk menghindari potensi kebocoran data.
- Adopsi budaya tanpa kertas untuk dokumen dengan klasifikasi rahasia.
- Semua dokumen kertas yang sudah tidak dipakai harus di buang dengan benar misalnya dengan menggunakan penghancur kertas.